Prodi Magister Sosiologi Mengikuti Bedah Buku di FISHUM UIN Sunan Kalijaga
Bedah Buku di FISHUM UIN Sunan Kalijaga
Buku menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi mahasiswa dan dosen. Dengan adanya buku menjadi bagian dari sumber pembelajaran dan reflektif dari proses pembacaan pada situasi Masyarakat. Sumber pembelajaran dalam Upaya menerapkan teori yang sudah ditemukan sebelumnya untuk diterapkan dalam pembelajaran dan penelitian. Serta dalam proses pembelajaran akan memproduksi teori-teori yang dibukukan.
Dalam Upaya untuk menggali dan mendorong dosen FISHUM untuk memproduksi buku, FISHUM mengadakan bedah buku yang ditulis oleh dua dosen FISHUM. Buku yang pertama Personal Branding; Seni Membangun Citra Diri melalui Media Sosial yang ditulis oleh Handini, M.A dan buku yang berjudul Budaya Siber: Gen Z, Proyeksi Diri dan Algoritma yang ditulis oleh Dr. Rama Kerta Mukti, M.Sn. Dalam buku personal branding dituliskan beberapa kita untuk meningkatkan personal branding dengan cara : mengenali potensi diri, menemukan keunikan pada diri sendiri, membuat nama personal branding, menentukan tujuan, melakukan riset dan membuat roadmap untuk mencapainya, menentukan target audiens dan be your self.
Dr. Rama Kerta Mukti menulis bahwa Media sosial menjadi platform untuk mengonstruksi dan membangun identitasnya (mendefinisikan diri, berinteraksi dan membangun citra diri online (personal branding). Adapun motivasi mengakses media sosial, diantaranya: menjadi orang lain (tidak menunjukan identitas dirinya) dengan cara eksplorasi diri, untuk mengetahui bagaimana orang lain berinteraksi terhadap postingan, kompensasi karena rasa malu di dunia nyata, memfasilitasi interaksi sosial yang ada di dunia nyata. (Muryanti)